Makalah Atmosfer


BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari, istilah atmosfer biasa dikenal sebagai udara yang berada di sekitar kita dengan ketinggian hingga ± 1.000 kilometer. Atmosfer terbentuk sewaktu Bumi ini tumbuh, gas-gas yang terjebak di dalam planetesimal tadi lepas sehingga menyelimuti bola Bumi. Lama-kelamaan, gas oksigen dilepaskan oleh tumbuhan pertama di Bumi sehingga udara di atmosfer purba bertambah tebal hingga saat ini.
Atmosfer sangat dibutuhkan bagi kehidupan di Bumi ini. Udara merupakan sumber daya alam yang digunakan oleh semua makhluk hidup di Bumi untuk bernapas. Bahkan, kita terlindungi dari batu meteor-meteor yang hendak jatuh ke Bumi karena atmosferlah batu-batu meteor tersebut tidak jatuh ke Bumi. Selain itu, atmosfer juga mempunyai peranan mengatur keseimbangan suhu agar tidak terlalu panas pada siang hari dan tidak terlalu dingin pada malam hari.
Atmosfer ialah lapisan gas dengan ketebalan ribuan kilometer yang terdiri atas beberapa lapisan dan berfungsi melindungi bumi dari radiasi dan pecahan planet lain (meteor). Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari atmosfer yang menekankan pada lapisan udara yang menyelubungi bumi. Terdapa beberapa fenomena yang sering terjadi dan mempengaruhi kehidupan manusia yang dipelajari dalam meteorologi di antaranya adalah Penipisan lapisan ozon, Efek rumah kaca, Pemanasan global dan pencemaran udara. Dalam makalah ini akan dibahas tentang fenomena-fenomena tersebut.

2.      Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar kita mampu menjelaskan tentang fenomena-fenomena yang terjadi pada atmosfer, memberikan informasi kepada pembaca tentang sebab atau dampak yang ditimbulkan dari fenomena-fenomena tersebut.

Untuk Info Lebih Jelas Lanjut Tentang Makalah hubungi admin
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tulisan Gado - Gado - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger