Home » , , , » Makalah Sistem Operasi Windows 8 Lengkap

Makalah Sistem Operasi Windows 8 Lengkap

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Seiring perkembangan Teknologi canggih, para perusahan berlomba-lomba membuat OS terbaru. Giliran Perusahan Microsoft mengeluarkan OS terbarunnya. hanya beberapa bulan berselang semenjak peluncuran Windows 7 pada 22 Oktober 2009, Microsoft sedang mempersiapkan sistem operasi penggantinya. Rencana tersebut terungkap dari dokumen rahasia Microsoft yang bocor. Dokumen tersebut diduga dipublikasikan ke internet oleh Active Professional Partner Microsoft Francisco Martin Garcia. Dari dokumen rahasia yang berupa file presentasi itu diketahui bahwa pengganti Windows 7 berkemungkinan besar akan diberi nama Windows 8. Target pasar dari Windows 8 pun berubah, seiring dengan kemungkinan bahwa Cina akan menjadi target pasar nomor satu pada tahun 2013 ini, mengingat kekuatan PC berharga murah seperti netbook akan terus berkembang. Internet Explorer 9 akan menjadi bagian dari Windows 8, meskipun kemungkinan besar akan meluncur ke pasaran terlebih dahulu sebelum Windows 8. Microsoft mengharapkan Windows 8 dapat ditargetkan menjadi 3 tipe PC yang berbeda : Lap PC (berbagai netbook, tablet, dan notebook), Workhorse PC (berbagai PC untuk keperluan kerja), dan Family Hub PC (Berbagai PC untuk keperluan di rumah).

B.       Tujuan dan Manfaat
Tujuan pembuatan paper ini ialah untuk memenuhi tugas kelompok yang di berikan oleh dosen. Disamping itu penulis juga ingin mengetahui lebih dalam tentang Pengertian, Manajemen File, Proses penjadwalan, sinkronisasi dan deadlock juga kelebihan dan kekurangan Windows 8.






BAB II
PEMBAHASAN

A.      Sistem Operasi Windows 8
Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkain Microsoft yang di produksi oleh microsoft untuk di gunakan pada komputer pribadi , termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet, PC, server dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunkan Microprosesor ARM selain Microprosesor x86 tradisional buatan intel dan AMD. Antar muka penggunanya di ubah agar mampu di gunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.
Gambar 1. Tampilan Utama Windows 8

Microsoft secara resmi merillis Windows 8 pada 26 Oktober 2012 bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8. Versi percobaan Windows 8 berupa Consumer Preview dan Release Preview. Pada 26 Juni 2013, Microsoft merilis versi Uji Coba dari Windows 8.1 ( sebelumnya di kenal dengan Windows Blue), sebuah peningkatan windows 8, Windows 7, Windows Vista dan windows XP pada 18 Oktober2013, Microsoft merilis windows 8.1 sebagai pembaruan gratis untuk windows 8.
Pengembangan windows 8 sudah di mulai  sebelum windows 7 di luncurkan tahun 2009. Pada akhir  Januari 2011, di Counsemer  Electronics Show (CES), microsoft mengumumkan bahwa windows 8 akan mendukung Mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 dari Intel, AMD dan VIA Technologies (Tanggal 1 Januari 2011), secara resmi meluncurkan antar muka pengguna baru windows 8 dan fitur-fitur tambahan lain di taipei (Taiwan) yang di presentasikan oleh Mike Angiulo dan di D9 conference in colifornia (United States) by Julie Larson-Green and Microsoft’s Windows President Steven Sinofsky.
Gambar 2. Logo Windows 8

B.       Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows 8
a.      Kelebihan windows 8
1.     Tidak Ada Start Button – Metro UI
Bila Anda tidak menyukai Start Button pada Windows versi-versi yang sebelumnya, secara default pada Windows 8 Start Button telah dihilangkan dan digantikan dengan Metro UI (User Interface). Tapi tenang saja, bila Anda keberatan Microsoft mengatakan bahwa akan disediakan cara untuk mengembalikan desktop kembali seperti biasa seperti Windows versi sebelumnya walaupun tetap secara default, UI-nya tetap akan diset baru.
Gambar 3. Tampilan windows

2.     Task Manager yang Lebih Sederhana
Mungkin Anda sering melihat tabs yang ada dalam Task Manager, mungkin biasanya yang sering dilihat hanya Applications dan Processes. Di Windows 8, Task Manager hanya akan seperti ini:
Gambar 4. Task Manager Lebih Sederhana

Hanya sebuah list aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan dan dapat dihentikan dengan sekali klik. 

3.     Perubahan pada Move, Rename, Copy, dan Delete
Bila Anda melakukan copy file apapun, baik satu file maupun banyak file, semua info akan digabungkan menjadi satu kotak dialog. Jadi bila Anda melakukan 5 proses copy yang terpisah, Anda tidak akan melihat 5 kotak dialog seperti biasanya. Selain itu, Anda juga mendapatkan fitur pause. Lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya.
Gambar 5. Penggabungan Jendela Untuk Move dan Copy

Bila Anda klik More details, Anda akan dapat melihat kecepatan dan banyaknya data yang sedang di-copy.


4.     Windows Explorer Baru
Windows Explorer yang sekarang pun akan menggunakan ribbon interface seperti yang mungkin sering Anda lihat pada Office 2010 dan 2013. Seperti inilah tampilannya:
Gambar 6. Tampilan Windows Explore Baru

5.     Startup Cepat
Lamanya booting sering menjadi permasalahan dalam Windows. Di dalam Windows 8 ada sebuah mode startup yang cepat. Mungkin hal ini seperti melakukan restart pada komputer namun tanpa merestart sepenuhnya. Anda tetap akan melihat sesi baru di mana semua aplikasi telah tertutup seperti restart biasa tapi dengan menggunakan waktu yang jauh lebih sedikit.

6.     Browsing Bebas Plugin
Internet Explorer (IE) 10 memiliki perubahan user interface yang cukup signifikan dan juga mengubah pola Anda melakukan browsing. IE 10 lebih menggunakan HTML 5 dibandingkan dengan plugin dan secara default akan berjalan tanpa plugin. Bila Anda membutuhkan sesuatu seperti Adobe Flash untuk membuka sebuah halaman, Anda dapat mengubahnya ke tampilan “desktop”.
Gambar 7. Tampilan IE Terbaru

7.     Booting Lebih Baik
Pada Windows versi-versi sebelumnya bila Anda melakukan booting dengan opsi advanced tampilannya akan sangat membosankan, tampak sama seperti DOS command prompt. Tampilan booting sekarang sangat cantik. Anda akan melihat tampilan yang menarik dengan berbagai pilihan pengaturan.
Gambar 8. Tampilan Pilihan Saat Booting

8.     Sign In dengan Windows Live ID
Pada Windows 8, Anda dapat melakukan sign in dengan Windows Live. Dengan integrasi SkyDrive, sekarang Anda dapat sign in dengan Windows Live dan mendapatkan file, pengaturan, aplikasi, dan lain-lain yang tersimpan. Anda dapat masuk ke Windows 8 pada mesin yang lain.
Fitur ini juga akan menyimpan semua favorites di IE, wallpaper desktop, dan lain-lain. Anda dapat membeli tempat penyimpanan ekstra dan menyimpan file-file Anda pada SkyDrive dan mengaksesnya secara online dengan menggunakan mobile device seperti iPad, Iphone, dan Android.

9.     Refresh dan Reset
Ada dua fitur baru pada Windows 8 yaitu opsi refresh dan reset. Reset akan membuang semua data personal, aplikasi, dan pengaturan kemudian menginstall ulang Windows. Refresh akan menyimpan semua data, aplikasi, dan pengaturan, kemudian menginstall ulang Windows. Pada Windows versi sebelumnya, akan cukup sulit untuk menginstall ulang Windows tanpa menghapus semua personal data. Opsi ini pun dapat digunakan saat booting sehingga bila Anda mengalami masalah dalam booting, Anda tetap dapat menggunakan fitur ini.

10. Scaling untuk Ukuran Layar yang Berbeda-Beda
Windows 8 memungkinkan Anda untuk melakukan scaling atau pengubahan ukuran ke resolusi layar, ukuran layar, dan densitas pixel yang berbeda. Anda dapat menggunakan Windows 8 di berbagai tempat mulai dari Windows phone sampai kepada layar 30 inchi dengan resolusi 2560×1600. Sebagian besar aplikasi Windows 8 akan didesain untuk secara otomatis mengatur dirinya sendiri di berbagai ukuran layar dan menampilkan lebih banyak atau lebih sedikit konten berdasarkan ukuran.

b.      Kekurangan windows 8
1.              Tombol star dan close tidak ada sehingga cukup membuat bingung bagi pengguna baru windows 8
2.              File dan aplikasi tersembunyi sehingga untuk membuka file harus menggunakan fitur pencarian universal.
3.              Adanya tumpang tindih pergantian yang terus menurus yang terjadi antara tile-based metro UI dan glassy aero UI
4.              Tidak adanya pilihan untuk mengubah tiles untuk menjadi icons
5.              Sulit untuk pindah antar screen, dimana biasanya kita menggunakan fungsi Alt+ Tab untuk berpindah layar dan aplikasi
6.              Windows 8 tidak mendukung kotnten flash dan microsoft memang sengaja melakukan ini untuk menghemat baterai dan menjaga stabilitas keamanan

C.      Manajemen File Pada Sistem Operasi Windows 8
Manajemen file merupakan bagian dari sistem operasi yang mengorganisasi serta menjaga jejak file-file. Manajemen file penting sebab bisa mengurangi resiko kehilangan file karena terhapus secara tak sengaja, tertimpa file baru, tersimpan di lokasi yang tidak diketahui serta hal-hal lain yang tidak diinginkan. 
Pusat pegendali dari system windows terletaka pada Drive C atau pada windows explorer penamaan standarnya adalah Local Disk [C:] karena pada direktori itulah file utama dari sistem windows terinstall atau tersimpan. Selain Drive [C:], pada windows juga terdapat drive lainnya seperti Drive [A:], [D:], [E:], [F:], dan seterusnya. Walaupun Drive [C:] merupakan pusat pengendali sistem, akan tetapi Micrsoft membuatnya sejajar dengan Drive yang lainya contohnya seperti Drive [D:] yang biasanya digunakan sebagai Penyimpanan data atau partisi kedua dari Hardisk dan kemudian Drive [E:] untuk CD-Drive dan Drive [F:] untuk Flashdisk.
Windows Explorer merupakan alat bantu dalam melakukan pengelolaan file secara umum, untuk membuka dan menyimpan file maupun untuk mengakses bagian tertentu pada shell Windows seperti Control Panel. Windows Explorer dapat dikastemisasi dengan menampilkan atau menyembunyikan beberapa elemen navigasi dan tampilan dan dapat pula dikastem berdasarkan konfigurasi tampilan dan tata letak kolom.
 
  • Berikut beberapa fungsi yang terdapat pada ‘File Explorer’.
  1. Move to: berfungsi untuk memindahkan file ke folder lain, atau memindahkan folder ke folder lain.
  2. Copy to: berfungsi untuk menggandakan file yang terdapat dalam suatu folder ke folder yang lain.
  3. Delete: berfungsi untuk menghapus file atau folder yang terdapat dalam library.
  4. New folder: berfungsi untuk membuat folder baru pada library.

D.      Proses Penjadwalan di Windows 8
Windows 8 menggunakan algoritma Round Robin, Algoritma ini menggilir proses yang ada di antrian. Proses akan mendapat jatah sebesar time quantum. Jika time quantum-nya habis atau proses sudah selesai, CPU akan dialokasikan ke proses berikutnya. Tentu proses ini cukup adil karena tak ada proses yang diprioritaskan, semua proses mendapat jatah waktu yang sama dari CPU yaitu (1/n), dan tak akan menunggu lebih lama dari (n-1)q dengan q adalah lama 1 quantum.
Algoritma ini sepenuhnya bergantung besarnya time quantum. Jika terlalu besar, algoritma ini akan sama saja dengan algoritma first come first served. Jika terlalu kecil, akan semakin banyak peralihan proses sehingga banyak waktu terbuang.
Permasalahan utama pada Round Robin adalah menentukan besarnya time quantum. Jika time quantum yang ditentukan terlalu kecil, maka sebagian besar proses tidak akan selesai dalam 1 quantum. Hal ini tidak baik karena akan terjadi banyak switch, padahal CPU memerlukan waktu untuk beralih dari suatu proses ke proses lain (disebut dengan context switches time). Sebaliknya, jika time quantum terlalu besar, algoritma Round Robin akan berjalan seperti algoritma first come first served. Time quantum yang ideal adalah jika 80% dari total proses memiliki CPU burst time yang lebih kecil dari 1 time quantum.

Multilevel Feedback Queue Scheduling
Algoritma ini mengizinkan proses untuk pindah antrian. Jika suatu proses menyita CPU terlalu lama, maka proses itu akan dipindahkan ke antrian yang lebih rendah. Hal ini menguntungkan proses interaksi karena proses ini hanya memakai waktu CPU yang sedikit. Demikian pula dengan proses yang menunggu terlalu lama. Proses ini akan dinaikkan tingkatannya. Biasanya prioritas tertinggi diberikan kepada proses dengan CPU burst terkecil, dengan begitu CPU akan terutilisasi penuh dan I/O dapat terus sibuk. Semakin rendah tingkatannya, panjang CPU burst proses juga semakin besar.
Gambar 9. Multilevel feedback

Multilevel feedback queue akan diterapkan dengan mendefinisikan terlebih dahulu parameter-parameternya, yaitu:
1.      Jumlah antrian.
2.      Algoritma internal tiap queue.
3.      Aturan sebuah proses naik ke antrian yang lebih tinggi.
4.      Aturan sebuah proses turun ke antrian yang lebih rendah.
5.      Antrian yang akan dimasuki tiap proses yang baru datang.

E.       Sinkronisasi dan Deadlook
Merupakan dasar dari Multiprogramming, multiprocessing, dan distribute processing. Kongkurensi menyelesaikan masalah bila yang ada adalah banyak program, karena dalam algoritma sebelumnya hanya mengatasi 1 proses. Bila banyak proses berada dalam saat yang sama, maka ketika itulah disebut konkuren.  Masalah-masalah yang terjadi bila ada proses-proses konkuren diantaranya adalah:
a.       Sinkronisasi
Proses pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan. Berarti secara garis besar mungkin sinkronisasi adalah menyamakan sesuatu secara bersamaan.
b.      Dead Lock  
Keadaan dimana dua program memegang kontrol terhadap sumber daya yang dibutuhkan oleh program yang lain. Tidak ada yang dapat melanjutkan proses masing-masing sampai program yang lain memberikan sumber dayanya, tetapi tidak ada yang mengalah. Deadlock yang mungkin dapat terjadi pada suatu proses disebabkan proses itu menunggu suatu kejadian tertentu yang tidak akan pernah terjadi. Dua atau lebih proses dikatakan berada dalam kondisi deadlock bila setiap proses yang ada menunggu suatu kejadian yang hanya dapat dilakukan oleh proses lain dalam himpunan tersebut.
Untuk itulah dibutuhkan sceduller agar tidak terjadi masalah-masalah tersebut. Windows 8 menggunakan UMS (User-mode Scheduling). UMS adalah mekanisme yang dapat digunakan aplikasi agar dapat digunakan untuk menjadwalkan threadnya sendiri. Threads dapat didefenisikan sebagai suatu entitas dari process, yang mana waktu eksekusinya dijadwalkan oleh sistem operasi.

F.       Persyaratan Untuk Perangkat Keras
Persyaratan sistem untuk Windows 8 hampir sama seperti persyaratan Windows 7.
Tabel 1.  Persyaratan Minimal Instalasi Windows XP
Persyaratan minimal Windows 8 dan Windows 8.1
Kriteria
Minimal
Direkomendasikan
Arsitektur
x86 (32-bit)
x86-64 (64-bit)
Prosesor
1 GHz (x86)
1 GHz (x86-64)
Memori (RAM)
1 GB
2 GB
Kartu grafis
Prosesor grafis DirectX 9 atau yang lebih tinggi dengan driver WDDM
Ruang kosong HDD
16 GB
32 GB

Layar multisentuh 5 titik juga dibutuhkan untuk menikmati keuntungan fitur sentuhnya. Untuk Windows 8 UI dibutuhkan resolusi 1024x768. sedangkan Fitur 'Snap' akan diaktifkan di resolusi setidaknya 1366x768; jika persyaratan ini tidak terpenuhi, hanya desktop tradisional Windows yang dapat digunakan. (sebenarnya hanya aplikasi Windows 8 UI yang tidak berfungsi, sedangkan Layar Mulai, Charms, dan PC Settings tetap bekerja).






Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

1 comments:

  1. wahhhh...
    tapi, penjelasan untuk manajemen file windows 8.1 min??

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tulisan Gado - Gado - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger