Rabu, 05 Juni 2013

Makalah Sistem Mutual Exclusion, Deadlock dan Starvation


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing.
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer. Dalam sistem operasi terdapat istilan Sinkronisasi. Sinkronisasi adalah proses pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan. Akses berbarengan untuk berbagi dua atau bersamaan dapat mengakibatkan inkosistensi data. Pemeliharaan konsistensi data memerlukan mekanisme untuk memastikan eksekusi dari proses kerjasama. Shared memory merupakan solusi ke masalah bounded-butter yang mengijinkan paling banyak n-1 materi dalam buffer pada waktu yang sama. Suatu solusi, jika semua N buffer digunakan tidaklah sederhana. Dimisalkan kita memodifikasi producer-consumer code dengan menambahkan suatu variable counter, dimulai dari 0 dan masing-masing waktu tambahan dari suatu item baru diberikan kepada buffer.
Tujuan utama sinkronisasi adalah untuk menghindari terjadinya inkonsitensi data karena pengaksesan oleh beberapa proses yang berbeda (mutual exclusion) serta untuk mengatur urutan jalannya proses-proses sehingga dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari deadlock dan starvation. Sinkronisasi umumnya dilakukan dengan bantuan perangkat sinkronisasi. Penyelesaian terhadap masalah ini sangat penting karena perkembangan teknologi sistem komputer menuju ke sistem multiprocessing, terdistribusi dan paralel yang mengharuskan adanya proses-proses kongkuren. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut maka kita harus memahami dahulu tentang proses dari Mutual Exclusion, deadlock dan starvation tersebut. Jadi, oleh karena itu penulis membuat makalah yang berjudul “Sistem MutualExclusion, Deadlock dan Starvationini.

B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah yang dapat diambil adalah Apa yang dimaksud dengan MutualExclusion, deadlock dan starvation.

C.  Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar mahasiswa mengetahui sistem mutual exclusion, deadlock dan starvation dan diharapkan bisa mengetahui tanda-tandanya.


Makalah Lebih Lengkap DOWNLOAD DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar