Makalah Ilmu Alamiah


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Manusia sebagai makhluk yang berakal budi mampu berfikir dan bahkan mampu berfikir secara abstrak. Maksudnya, manusia mampu mengamati sebuah obyek yang berbeda satu dengan yang lain. Dalam usaha manusia untuk memperoleh batasan umum ilmu pengetahuan, manusia dapat menggunakan cara berfikir demikian. Manusia dapat memandang berbagai cabang ilmu pengetahuan sebagai satu kelompok dan mengabstaksikannya ciri-ciri yang terkandung didalamnya. Materi ilmu alamiah dasar ini tentu saja hanya bersifat dasar, umum dan pengantar yang berkenaan dengan fenomena alam dan daya fikir manusia hingga mampu memperoleh budaya modern yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi keinginan dan kebutuhannya.
Rasa ingin tahu manusia yang terus berkembang sebagai hasil perkembangan pola pikir manusia yang terakumulasi dari hasil pengamatan dan pengalaman telah mendorong manusia untuk melahirkan pendekatan kebenaran yang tidak hanya mengandalkan kemampuan rasio belaka. Makalah ini secara tidak langsung akan membahas tentang bagaimana proses kelahiran pengetahuan alamiah, kriteria dan filsafat ilmu alamiah, juga keterbatasan dan keunggulan ilmu alamiah yang menjadi suatu hal yang sangat menarik untuk dipelajari lebih lanjut.

B.  Rumusan Masalah



Rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana konsep dasar kelahiran ilmu alamiah ?
2.      Apa saja yang menjadi kriteria ilmu alamiah ?
3.      Apa filsafat ilmu alamiah ?
4.      Apa saja keterbatasan dan keunggulan ilmu alamiah ?

C.  Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui konsep dasar kelahiran ilmu alamiah.
2.      Mengetahui  kriteria ilmu alamiah dan filsafat ilmu alamiah.
3.   Mengetahui keterbatasan dan keunggulan ilmu alamiah.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tulisan Gado - Gado - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger